Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Lapak 'Sharing' Sorang Santri Indonesia di Maroko
in feeds

Cara Melafalkan Sambungan Kata Dalam Bahasa Prancis (Pelajaran 5)



Setelah pada postingan sebelumnya membahas tentang cara pelafalan bahasa prancis per huruf dan per kata, sekarang saatnya membahas cara pelafalan bahasa prancis ketika dua kata disambung menjadi satu.



Di antara kaedah yang ada dalam bahasa prancis adalah cara menyambung kata (La Liaisong), yakni penggabungan dua kata yang saling berkaitan . La Liaison merupakan salah satu tehnik dalam metode cara pelafalan bahasa prancis atau yang biasa disebut prononciaution. Hanya saja La Liaison tidak lagi mengacu pada kata per kata, namun metode pelafalan yang terdiri dari dua kata sekaligus maupun lebih yang disambung menjadi satu ketika melafalkan.

Dalam bahasa prancis, ada beberapa kata yang memang perlu diucapkan dengan menyertakan kalimat sebelahnya dalam satu ucapan. Dan ini bisa dilakukan ketika huruf terakhir pada kata pertama berupa konsonan atau konsonan+e dan huruf pertama pada kata ke dua itu berupa huruf vokal maupun h-muet. Perlu diketahui juga bahwa untuk kata-kata yang berakhiran s atau x, bila bertemu dengan huruf vokal atau huruf h, maka pelafalannya menjadi z.

Berikut contohnya:
• Il est dix heures [ile dizeur] = Jam sepuluh
• C’est une grande usine [setun grangduzin = itu adalah sebuah pabrik yang besar
• Vous avez un petit ami? [vuzaves ang petitami?] = kamu punya pacar?

Namun yang perlu dicatat, kaedah di atas merupakan kaedah umum yang artinya terdapat pengecualian dalam penerapannya. Jadi tidak semua kata yang berakhiran huruf konsonan atau konsonan+e bisa dijadikan la liaison, seperti pada gabungan kata benda dan kata kerja tertentu yang telah dikonjugasikan seperti contoh avoir, serta pada kata sambung et [dan].

Berikut contohnya:
• Les enfants ont une balle. [lezangfang ong un bal] = anak-anak memiliki sebuah bola
• Elle est belle et il est beau [ele bel e ile bo] = dia (perempuan) cantik dan dia (laki-laki) tampan.




Demikian pembahasan sederhana tentang cara pelafalan sambungan kata dalam bahasa prancis. Semoga semakin menyempurnakan pengetahuan kita sebelumnya. Jika ada pertanyaan maupun tambahan, silakan tulis do kolom komentar di bawah ini.





Post a Comment for "Cara Melafalkan Sambungan Kata Dalam Bahasa Prancis (Pelajaran 5)"

[ klik disini 1X ] [ close ]