Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Lapak 'Sharing' Sorang Santri Indonesia di Maroko
in feeds

7 Air Terjun Terindah Di Kabupaten Pati




Kabupaten Pati terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Meskipun terletak di pesisir, wilayah geografis Kabupaten Pati didominasi oleh area dataran tinggi karena terletak di pegunungan Muria di sebelah barat dan pegunungan Kendeng di sebelah selatan. Hal ini mempengaruhi alamnya memunculkan sejuta keindahan alam khas pegunungan. Di antaranya adalah banyaknya air tejun yang ada di kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Kudus, Jepara dan Rembang ini.

Setidaknya ada 7 air terjun di Kabupaten Pati yang paling indah dan menarik. Selain menampilkan wisata alam air, 7 air terjun ini juga menawarkan pemandangan khas pegunungan yang unch... Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya;




1.    Air Terjun Sekar Gading

gambar:visitjawatengah.jatengprov.go.id

Terletak di Desa Plukaran Kecamatan Gembong, sekitar 24 KM dari pusat Kota Pati. Air terjun yang dulunya nyaris tak terlirik ini akhirnya bisa dikelola dengan baik dengan akses yang cukup mudah untuk dijangkau. Salah satu keunikan air terjun ini ialah mempunyai dua pancuran yang saling bertemu dan terletak di bawah tebing yang teduh. Butuh melewati tebing sepanjang 50 meter untuk sampai di air terjun ini, namun Anda tak perlu khawatir karena akses sudah dilengkapi dengan fasilitas keselamatan.

2.    Air Terjun Tedunan

gambar: Facebook.com

Air Terjun Tedunan Atau yang biasa juga disebut Kebo Amuk ini terletak di Dukuh Jonggol, Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong. Butuh medan yang cukup menantang untuk sampai di air terjun ini melewati sawah dan sungai dengan bebatuan yang lumayan terjal. Karena lokasinya yang agak ke dalam, para pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di perumahan warga untuk sampai di air terjun yang ketinggiannya 40 meter ini.

3.    Air Terjun Tadah Hujan

Gambar: Instagram.com

Air terjun Tadah Hujan terletak di area pegunungan Kendeng, tepatnya desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo. Menawarkan kesejukan dan kejernihan air yang berwarna kehijauan, sudah barang tentu mampu memikat siapa saja yang memandangnya. Meski namanya tadah hujan, bukan berarti air terjun ini hanya aktif di musim penghujan saja, namun sepanjang tahun Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang tingginya 75 meter ini.

4.    Air Terjun Lorodan Semar

Gambar: facebook.com

Tidak hanya Tadah Hujan, pegunungan Kendeng juga melahirkan air terjun Lorodan Semar yang tak kalah menarik. Terletak di Desa Sumber Mulyo kecamatan Kayen, air terjun ini mempunyai bentuk yang unik yakni berbentuk seperti Lorodan yang menggelembung bak bukit. Meski tak terlalu tinggi, namun cukup menarik untuk mandi apalagi untuk sekedar berfoto ria.

5.    Air Terjan Grudo Selonatah

Gambar: facebook.com

Merupakan air terjun yang terletak di Desa Gunungpanti Kecamatan Winong. Meskipun airnya tidak terlalu jernih, namun cukup eksotik untuk dipakai berenang karena luas menggenang. Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati medan perladangan karena terletak di antara kebun jagung warga.

6.    Air Terjun Tretes dan Air Terjun Jenar

Gambar: vebma.com

Di Dukuh Santi, Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu terdapat dua air terjun cantik yang lokasinya berdekatan. Adalah air terjun Tretes dan Jenar yang oleh warga keduanya dinamai Air Terjun Santi. Lokasinya yang dekat dengan perkampungan warga membuat air terjun ini selalu ramai saat hari libur tiba. Untuk air terjun Jenar sendiri memiliki aliran air dan debit yang tak terlalu besar namun kedalamannya sangat dalam,

7.    Air Terjun Grenjengan Jollong

Gambar: teluklove.com

Selain sebagai sentra kopi, Dukuh Jollong yang terletak di Desa Sitiluhur Krcamatan Gembong ini juga menyimpan keindahan wisata alam yang mengesankan. Salah satunya adalah air terjun Grenjengan. Berbeda dengan air terjun yang lain, air terjun Grenjengan tampak sudah mendapat perawatan dari pemerintah setempat. Barangkali karena lokasinya di Desa Sitiluhur yang merupakan desa wisata.


Demikianlah ulasan mengenai 7 air terjun terindah di Kabupaten Pati. Semoga bisa membantu Anda menemukan referensi untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan. 

Post a Comment for "7 Air Terjun Terindah Di Kabupaten Pati"

[ klik disini 1X ] [ close ]